Akun Palsu Mengaku Artis Yuni Shara Minta "Sumbangan" di Luar Negeri

webhosting
125 tayangan
dilaporkan 6 Nov 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Fey Down MODERATOR

Para penipu ini membuat akun palsu di FB dan mengaku artis terkenal Yuni Shara. Mereka menyapa wanita Indonesia yang tinggal diluar negeri, lalu mengajak chat dan ujungnya minta sumbangan untuk bencana asap dan anak yatim. Ada yang menawarkan lelang tas, jam tangan yang hasilnya akan disumbangkan . Uang minta dikirim lewat Western Union setelah terima uang, penipu langsung menghilang.

NYARIS TERTIPU:

Seorang Chef Indonesia yang tinggal di Denmark , Bunda Rosdiana Pesulima hampir saja tertipu . Saya sudah lama kenal beliau lewat FB, ia wanita yang sangat baik hati dan begitu perhatian pada sesama. Namun sayang kebaikan beliau telah dimanfaatkan oleh penipu yang mengaku Yuni Shara.

Awalnya si bunda disapa oleh “Yuni Shara” dan beliau senang sekali bisa berkenalan dengan artis terkenal. Baru chat beberapa lama, Yuni palsu ini ngomong soal sumbangan untuk korban asap yang katanya akan dikumpulkan dan diserahkan pada tanggal 5 November. . Si penipu minta agar uang dikirim lewat Western Union

Si bunda yang baik hati dan polos ini percaya saja. Lalu siap mengirim uang 10 juta (5000 dennis kroner). Berangkatlah si bunda naik kereta ke Western Union. Saat sedang antri dan tinggal satu orang lagi didepannya. Tiba tiba perasaan beliau tidak enak lalu ingat saya katanya dan langsung kirim pesan lewat FB :

“Nak, bolehkah bunda tanya ? takut kalau tertipu. Benarkan ini asli akun Yuni Shara. Karena begitu bunda cek photonya pakai nama Wahyu Setyaning Budi. Apakah namanya dipakai atau gimana ya nak? Baru saja bunda kenanganm dianya langsung minta sumbangan untuk korban kebakaran asap. Bukan tak mau nyumbang nak, tapi koq hati bunda ragu ragu.”

Biasanya saya buka FB sudah diatas jam 10 malam, tapi hari itu baru jam 8 saya langsung buka FB dan membaca pesan dari Bunda Rosdiana. Insting saya mengatakan ini penipuan , masa sih seorang artis sekelas Yuni Shara kerajinan amat menyapa wanita Indonesia dan mintain sumbangan di FB. Namun saya juga tak ingin menuduh sebelum mendapat jawaban dari mbak Yuni Shara asli.

“ Bunda, jangan nyumbang bun…banyak penipu! Tunggu sebentar ya bun, saya cari akun IG asli mbak Yuni untuk lebih meyakinkan. ”

Saya menuju akun IG mbak Yuni dan titip pesan di sana soal akunnya di FB. Alhamdulilah dapat jawaban dari @luci_rahman agar saya menuju photo jam tangan yang diposting 20 minggu lalu. Disana ada pernyataan mbak Yuni Shara yang menyatakan tak punya akun FB. Terima kasih untuk mbak Luci Rahman. Langsung saya kirim ke bunda Rosdiana lalu saya sebar ke FB page WSC. Saya juga mendapat jawaban langsung dari mbak Yuni bahwa ia tak punya akun FB atau Twitter. Terima kasih untuk mbak Yuni yang mau klarifikasi.

Pernyataan dari mbak Yuni langsung disebar oleh bunda Rosdiana di FB group KWI dan Cool (group orang2 Indonesia yang tinggal di luar negeri ). Tiba tiba ada pesan dari mbak M, katanya dia hampir kirim uang tapi keburu membaca postingan bunda Rosdiana. Alhamdulilah.

“ Bunda GR sendiri nak , karena ada artis terkenal koq mau chat sama bunda. Terus bunda sempat bilang kalau Kalimantan dan Sumatera sudah turun hujan lebat, eh dia ngotot minta sumbangan untuk korban asap. Alhamdulilah, gila bener yah nak tuh orang! Bunda bersyukur sekali sudah ketahuan akal bulusnya. Terima kasih nak..” ujar si bunda yang hampir saja kehilangan uang 10 juta.

Sumber : Fey Down - Kompasiana

 

Bagikan laporan ini

1 Jawaban

dijawab 31 Jan oleh Lily
Saya juga tertipu oleh account Facebook yang menggunakan nama Yuni Shara, menjual tas2 channel, katanya uang tersebut untuk sumbangan ke anak yatim, setelah uangnya saya kirim melalui saudara saya di Jakarta sebanyak 14 juta rupiah, account Yuni shara tersebut langsung ditutup dan saya tidak pernah menerima tas nya..... semoga Tuhan membalas perbuatan terkutuk penipu2 itu... mudah2 an polisi menemukan dan menangkap mereka
dikomentari 31 Jan oleh Lily
Pembayarannya di transfer ke rek 064201004231534 an Bapak Muh Nasir Bank BRI kode Bank 002

Inilah account yg menerima uang saya sebanyak 14 juta rupiah

Tolong tangkap orang ini pak polisi...please

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 48 tayangan
0 tanggapan 71 tayangan
0 tanggapan 45 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...