Penyalahgunaan Kartu Kredit Telah Dilaporkan Ke YLKI

webhosting
463 tayangan
diinformasikan 10 Nov 2015 dalam Telah Kehilangan oleh ADMINISTRATOR Admin

Laporan disampaikan oleh mada.poerba@gmail.com dari laporan sebelumnya;

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia yang terhormat,

Sebagai informasi lengkapnya pengaduan saya tadi ke YLKI dengan Bpk Basit, dengan ini saya ingin menginformasikan kronologis kejadian pencurian dompet saya dgn data saya sbb :

Nama      : Rosmada Adelina Purba
Alamat    : Perumahan Jatinegara Indah Jl. Krakatau V Blok AF 2 No.5
                  Cakung Jakarta Timur 13930
Telp         : 08161857670

Pada tgl 1 Nov 2015 di ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat dompet saya dicopet orang dan saya tdk menyadari sekitar pukul 14.50 krn sy baru transaksi di toko bayi di jam itu

Dalam waktu yg tidak lama kurang saya dpt sms dari Bank Mega yang menginformasikan bahwa telah terjadi transaksi pemakaian kartu saya di Electronic Solution Emporium Pluit Mall dgn rincian sbb :                                                                   
Kartu kredit Bank Mega saya no kartu 4890 8700 5042 1495 dipergunakan di Electronic Solution Emporium Pluit Mall sebesar Rp 6.499.000

Setelah itu baru saya sadar bahwa dompet saya sudah hilang dari dalam tas dan saya masih mencari2 di sekitar tempat terakhir saya transaksi tapi tidak ada. Saya  langsung segera pulang ke rumah karena utk blokir kartu semua datanya di dompet saya termasuk no kartu. Sampai di rumah baru saya blokir kartu dan pergi untuk melaporkan kejadian ke pos polisi terdekat.

Saya sangat heran kenapa transaksi saya  bisa diproses okeh Electronic Solution padahal memurut cctv pemakainya seorang pria pdhal sudah jelas kartu saya namanya wanita & dibelakang kartu ada tanda tangan saya yang pasti sangat berbeda dgn tanda tangan pengguna & bisa diproses padahal yg bertransaksi bukan pemegang kartu dengan nominal yg sangat besar.

Alasan Electronic Solution ada KTP asli pemegang kartu dan menyatakan kartu kredit kepunyaan istrinya. Dengan gampangnya Electronic Solution (ES) proses & approval kartu tanpa meminta identitas pemakai (KTP/SIM) paling tidak utk menyamakan data alamat saya di KTP dengan data pemakai kartu dan juga tidak ada verifikasi tanda tangan saya yg ada di belakang kartu dgn tanda tangan pemakai.

Dan pihak Electronic Solution dengan seenaknya lepas tangan tidak mau bertanggung jawab utk kelalaian dari pihak mereka dan meminta saya utk meminta tanggung jawab ke penerbit kartu.

Sesuai anjuran dari YLKI tadi saya juga sudah melaporkan kasus ini ke Bank Indonesia Dept Kebijakan & Pengawasan Sistem Pembayaran Sub Divisi Perlindungan Konsumen sistem pembayaran dgn Ibu Risma & secara tertulis sedang dalam proses pengiriman dan akan saya cc khan ke Branch Manager Electronic Solution (Bpk Bambang Saputra) dan ke Regional Manager (Ibu Roma Uli Sianturi) rekomendasi dari Kantor Pengacara Otto Bismarck Simanjuntak & partners) s ebagai konsultan hukum saya.

Saya juga sudah laporkan kasus ini ke Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) di gedung Bank Mandiri Imam Bonjol dan sedang dalam proses juga untuk pelaporan secara resmi tertulis. Sudah saya laporkan juga secara langsung maupun melalui website online kepolisian.

Saya akan berusaha secara maksimal karena Permasalahan tersebut sangat merugikan saya sebagai konsumen, karena tidak sesuai dengan UU Perlindungan Konsumen Pasal 4 huruf a, "konsumen berhak mendapatkan keamanan, kenyamanan dan keselamatan" dan huruf c" konsumen berhak atas informasi yang benar, jelas dan jujur.

Saya juga akan mengangkat masalah ini ke media masa surat pembaca & info bank sebagai jalan keluar terakhir kalau saya masih sangat dirugikan dengan kejadian ini yg seharusnya cukup kerugian moral utk urus surat-surat yg hilang  dan material untuk uang tunai di dompet saya.

Sebagai bahan pebandingan kartu kredit BNI saya yg juga ikut hilang dan dipergunakan di Seven Eleven Emporium Pluit Mall oleh orang yg sama, dan saya proses juga sama dengan ke Electronic Solution. Tetapi pihak Sevel mengakui kalau itu kesalahan staff mereka dan meminta maaf berkali-kali juga mengganti secara tunai transfer ke saya 1 setelah proses pelaporan saya (terlampir bukti transfer dari Sevel) dan informasi dari mereka.

Mengapa perusahaan sebesar Electronic Solution masih menganggap mereka benar dengan kasus ini?

Terima kasih sebelumnya untuk YLKI dan laporan secara resmi akan segera saya kirimkan.


Hormat saya,

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...