Modus Penipuan Baru lewat Klik Link di BBM

webhosting
187 tayangan
dilaporkan 5 Des 2015 dalam Penipuan Lewat BBM oleh Pandawa5

Modus Penipuan Via BBM Terbaru-Belum lama ini, di wilayah Kabupaten Kudus tiba-tiba saja digegerkan sejumlah pihak yang merasa ”tertipu” oleh beberapa pejabat yang tiba-tiba saja meminta sejumlah nominal pulsa.

Bukan saja mereka yang menjadi ”korban” yang kemudian harus marah-marah mendapati dirinya terkena tipuan, namun juga pejabat yang kemudian ”dicatut” dan meminta pulsa kepada sejumlah rekannya yang masuk dalam nomor kontak BlackBerry Messanger (BBM).

Sebut saja salah satu pejabat di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tiba-tiba seluruh nama yang ada di kontak BBM-nya dikirimi pesan meminta pulsa. Nilainya bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu hingga ratusan ribu.

Bagi mereka yang tidak mengecek terlebih dahulu, langsung saja mengirimkan pulsa ke nomor-nomor yang sudah ditentukan tersebut.  karena merasa bahwa yang meminta adalah pejabat tersebut. Akibatnya, kerugian yang ditotal dari aksi ”pejabat” tersebut mencapai puluhan juta rupiah.

Pejabat yang nomornya dipakai untuk meminta pulsa tersebut, langsung saja mem-broadcast pesan yang isinya bahwa pin BBM-nya sudah di-hack seseorang, dan kemudian dipakai untuk melakukan aksi penipuan dengan modus meminta pulsa telepon.

Belum kelar kasus yang menimpa pejabat di tingkatan provinsi itu, tiba-tiba saja giliran Ketua Komisi D DPRD Kudus Mukhasiron yang kemudian mengalami hal yang sama.

Semua nomor kontak di BBM-nya juga dimintai pulsa dengan nilai yang beragam. Ada beberapa yang juga sempat mengisikan pulsa, karena menganggap bahwa yang meminta adalah Mukhasiron, maka rekannya kemudian mengisikan pulsa.

Barulah diketahui kemudian bahwa itu adalah penipuan, dengan cara meng-hack pin BBM dari yang bersangkutan. ”Iya, BBM saya di-hack seseorang. Makanya, saya minta abaikan saja pesan yang muncul dari nomor kontak tersebut,” kata Roni, panggilan akrab Mukhasiron, kepada koran muria.

Rupanya bukan hanya anggota dewan saja yang menjadi korban. Masyarakat luas juga ada yang terkena aksi ini. Sama-sama di-hack pin BBM-nya, dan kemudian digunakan untuk melakukan penipuan dengan cara meminta pulsa. Aksi ini memang meresahkan, karena merugikan banyak pihak.

Waspada Jika Mengklik Broadcast Berita yang Dikirimkan lewat BBM

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 66 tayangan
dilaporkan 30 Des 2015 dalam Penipuan Lewat BBM oleh Vina
0 tanggapan 250 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...