Hati-Hati Modus Penipuan Paket Umroh Murah

webhosting
142 tayangan
dilaporkan 19 Des 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh priyayi

Maraknya sejumlah biro perjalanan haji dan umrah yang dilaporkan menelantarkan jemaah mereka di pelosok Indonesia sepanjang 2012-2014, sempat membuat para calon jamaah ketar-ketir. Modusnya, penipuan yang mengakibatkan jemaah gagal berangkat dan penelantaran jemaah.

Menanggapi hal tersebut, General Manager Kanomas Tour & Travel, Dian A Rachmat membeberkan beberapa tips terkait cara memilih biro perjalanan yang baik agar para calon jamaah umroh dapat lebih berhati-hati.

Kanomas Tour & Travel merupakan salah satu penyelenggara perjalanan umrah ke tanah suci Mekkah yang terdaftar di Kementerian Agaman (Kemenag) dan di bawah naungan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri).

Ia meminta masyarakat untuk tidak tergiur dengan paket umrah yang murah, karena dalam pelaksanaanya tetap harus disesuaikan dengan perhitungan biaya standar minimal.

"Pokoknya jangan tergiur dengan paket yang kelewat murah," kata Dian saat ditemui di kantornya, Jalan Cikini II, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2015).

Ia menyebutkan, munculnya kasus jemaah umrah yang terlantar atau tidak jadi berangkat itu karena memang biayanya terlalu rendah, atau perusahaan perjalanannya tidak bertanggung jawab. Ia memastikan agar para calon jamaah tidak salah memilih biro perjalan untuk ibadah umrah.

"Kami di Kanomas memberikan harga promosi termurah mulai dari USD 1650 untuk keberangkatan Maret hingga Juni 2015," katanya.

Agent perjalanan umrah yang berdiri sejak 2006 tersebut, kata Dian, berani memberikan harga yang lebih murah dibanding travel agent lainnya yang rata-rata memasang tarif diatas USD 2000 per paket. Pasalnya, pihaknya telah mempersiapkan sejak empat bulan sebelumnya dengan telah melakukan pemesanan hotel dan menyewa pesawat khusus jenis Boeing 747 dengan kapasitas 453 penumpang untuk sekali penerbangan.

"Kalau dibandingkan dengan harga jual di luar itu harga kita bisa lebih murah, kenapa? Karena tiketnya, kita penerbangan charter satu pesawat itu semua jamaah kita. Jadi otomatis lebih murah kan. Kemudian untuk hotelnya itu kita bayar dimuka. Jadi sistem deposit dan sistem blog. Karena kita sudah punya rencana untuk 4-5 bulan kedepan kita bakal punya jamaah sekian. Hotelnya kita bayar dulu, kita deposit buat bulan apa sekian ratus kamar. Sehingga dijamin jamaah tidak akan terlantar di sana," jelasnya.

Dian menjelaskan harga murah yang tidak masuk akal yakni jika ditawarkan hanya USD 1300 per paketnya. Calon Jamaah, kata Dian, wajib menaruh curiga.  

"Untuk tiket pesawat saja bolak-balik sekitar. USD 1.000 hingga USD 1.300. Belum biaya hotelnya. Karenanya bila ada biro perjalanan menawarkan di harga itu diragukan standar pelayanannya. Kami sampaikan ini tidak lain agar masyarakat tahu standar minimal biaya perjalanan umrah," pungkasnya.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 128 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...