Anggota DPRD Tertipu SMS Mengaku Wartawan

hosting
26 tayangan
diinformasikan 24 Des 2015 dalam Penipuan Via SMS oleh Wartawan Maya User

Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY dan kepala dinas di lingkungan Pemda mendapat pesan singkat (SMS) berantai dari orang yang mengatasnamakan Redaktur Senior Jawa Pos, Kusno Utomo.


Dalam SMS tersebut berisi permintaan bantuan uang untuk berobat saudara pengisim SMS yang menderita kanker otak dan butuh penanganan segera. Pengirim SMS juga menyertakan nomor rekening.

Salah satu anggota DPRD DIY yang mendapat SMS tersebut adalah Suharwanta. Politikus Partai Amanat Nasional ini bahkan sudah mentransfer uang sebanyak Rp1 juta. Suharwanto mengaku mendapat SMS itu pada Selasa lalu.

“Dia minta uang untuk berobat kanker otak. Saya cuma tanya, nomormu kok ganti. Dia membalas iya. Saya tidak ada kecurigaan setelahnya,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (17/12/2015).


 
Namun, selesai transfer uang, ia kemudian mengkonfirmasi pada pengirim SMS, dan dijawab dengan kata-kata kasar. Suharwanto pun langsung menghubungi nomor Kusno yang tersimpan di telepon selularnya, dan diketahui Kusno mengaku tidak merasa minta uang dan tidak ada anggota keluarganya yang sakit kanker otak.

Ia pun menyerahkan bukti transfer kepada Kusno Utomo untuk melapor polisi. Selain, Suharwanto, Kepala Dinas Pariwisata DIY pun mendapat Aris Riyanta pun mengakui mendapat SMS yang isinya sama dengan SMS yang diterima Suharwanto. Namun, Aris menyadari SMS itu merupakan penipuan.

Kusno Utomo menyatakan dirinya telah melapor ke Polda DIY atas kasus pencatutan namanya tersebut oleh penipu. Sampai kemarin, kasus itu masih dalam penyelidikan polisi.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 25 tayangan
diinformasikan 10 Apr dalam Penipuan Via SMS oleh Wahab
0 tanggapan 38 tayangan
0 tanggapan 24 tayangan
0 tanggapan 8 tayangan
1 tanggapan 158 tayangan
0 tanggapan 208 tayangan
0 tanggapan 110 tayangan
diinformasikan 6 Jan 2016 dalam Penipuan Via SMS oleh reztu fauzi
0 tanggapan 311 tayangan
0 tanggapan 38 tayangan
0 tanggapan 51 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...