Hati-hati, modus menipu pura-pura kenal sok akrab

webhosting
166 tayangan
dilaporkan 3 Jan dalam SHARING PENGALAMAN oleh Kopral Pademangan

Hati-hati, modus menipu pura-pura kenal sok akrab-Tadi sore sekitar jam 15.00 WIB lagi sibuk-sibuknya kerja merapikan barang-barang digudang, rasa letih dan penat sangat terasa dibadan, tiba-tiba ponsel yang sedari tadi diam membisu dikantong bergetar dan menyanyikan lagu padi, semua tak sama. Yah…itu ringtone yang kupakai untuk nada dering panggilan masukku.


Modus penipuan pura-pura sok akrab-Segera kuletakkan barang-barang yang ada ditanganku saat itu, lalu mulai mengorek isi kantong celana jeans-ku lalu mengeluarkan sebatang ponsel Nokia, segera kutekan tombol angkat lalu mendekatkan hape ke telinga kananku.

Halo
Assalamu alaikum kata orang yang menelpon, lalu Ia mulai mengoceh sendiri.
Lagi dimana kawan ? gimana kabarnya, masih ingat saya ?

Aku rasa mengenal suara orang ini, mirip dengan rekanku saat kuliah, lalu kujawab.

Hery ya ?
Iya.hehehe
ganti nomor yatanyaku.
Iya, soalnya yang lama sering diganggu, jadi saya kasih dengan ade saya.
gini bro, saya bisa minta tolong, saya lagi ada proyek kecil-kecilan, ini saya lagi ada rapat dengan bos-bos, saya mau minta tolong bisa isikan pulsa ngga ?
pulsa berapa ? tanyaku.
50.000, nanti setelah ini selesai saya ganti.

Sejenak aku mikir, trus jawab lagi.

wah saya ngga punya uang sebanyak itu nih.
oh, yang 20.000 juga ngga papa, bisa ?, soalnya saya ngga enak juga kan mau keluar isi pulsa.
aduh, kayanya ngga bisa bro…
ya udah, berapa aja deh asal bisa komunikasi ajasahutnya lagi.

Lalu mulai kucari alasan agar bisa segera menutup telepon, sekalian mau ngetes benar-benar temen apa cuma bohong.

coba kamu minta sama temen kita Ridwan, sapa tau dia bisa bantukataku.
oke, bisa minta nomornya, saya hilang nomornya diasahutnya.

Bless…! sudah bisa kutebak, orang ini cuma mau nipu aja nyamar sebagai temen dan sok pernah kenal.
Segera kujawab.
ya, nanti saya sms nomornya dia
oke, sms ya, terima kasih.Assalamu alaikum.

Segera kuketik sms ke dia, lalu mulai mengetikkan sembarang nomor, kirim….
Tidak lama, sekitar dua menit, dia sms aku bilang kalau nomor yang ku kasih tadi tidak aktif.

Kubalas lagi, temen-temen kita yang masih kamu ingat sapa bro ?.
Sms itu, agar lebih membuktikan apakah dia benar-benar seorang teman lama, atau kah cuma seorang penipu.

Akhirnya smsku yang tadi tidak dibalasnya lagi. Hm…, rupanya memang benar seorang penipu dengan modus baru.

Yah, demikianlah sedikit pengalamanku, yang mungkin bisa jadi masukan bagi pembaca semua agar lebih berhati-hati jika ada seseorang yang menelpon anda, dan merasa kenal, tapi tidak tahu informasi apa-apa seputar anda.

Jangan mudah percaya pada seseorang yang belum kita kenal, apalagi belum pernah bertemu. Semoga bermanfaat.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 127 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...