Banyak Penipuan Di Bukalapak,Waspada Belanja Di Bukalapak

webhosting
2,160 tayangan
dilaporkan 3 Jan dalam Penipuan Oknum Seller FJB oleh lekmin

Penipuan di bukalapak,banyak yang ketipu belanja online dibukalapak,,hati-hati.Sekarang ini penjual online makin menjamur. Tentu ada yang niat menjual dan ada juga yang niat menipu. Salah satu Toko Online yang menaungi para penjual adalah BUKALAPAK.COM. Kali ini saya tidak dibayar untuk menulis artikel ini, murni agar para pembeli makin jeli menentukan mana merchant yang tepat sebagai tempat berbelanja.

Penipuan dibukalapak-Sistem di BUKALAPAK.COM adalah menaungi SEMUA PENJUAL, mereka tidak mau seleksi mana penjual putih dan mana penjual mana hitam; semua ditampung. Hanya untuk menjamin keamanan, semua uang yang dibayar pembeli tidak langsung masuk ke penjual, tapi masuk terlebih dahulu ke REKENING BANK BUKALAPAK (biar bisa dibungakan, makin lama mengendap makin baik). Jadi jika penjual tidak mengirimkan barang yang dipesan dalam waktu 4x24 jam (4 hari) otomatis uang akan dikembalikan ke BUKADOMPET (akun pembeli di BUKALAPAK.COM). Artinya tetap saja uang masih berada di REKENING BANK BUKALAPAK.

Kenapa ditetapkan 4x24 jam sebagai batas waktu maksimal? Bukankah itu terlalu lama untuk ukuran seorang penjual yang memang niat menjual? Kalau niat, sekarang saya bayar sebisa mungkin barang akan segera dikirim, maksimal sehari sudah ada resi cetaknya. Ini (baca : mungkin; asumsi pribadi) salah satu strategi BUKALAPAK.COM agar duit pembeli mengendap di REKENING BANK mereka. Jadi pembeli jangan terpikat dengan HARGA MURAH (di view/di urut dari harga termurah) karena itu bisa saja adalah Toko/penjual jadi-jadian yang dibuat oleh pihak BUKALAPAK sendiri, atau Toko/penjual yang ada kerjasama di belakang layar agar pembeli tertipu untuk membeli dengan harga murah dan segera menyetor uangnya.

Jangan juga tertipu dengan banyaknya FEEDBACK yang masuk kesalah satu toko penjual, karena ternyata feedback itu bisa dibuat sendiri oleh pihak BUKALAPAK. Kenapa? Wong SISTEM nya mereka yang buat kok. Memang hanya pembeli (yang telah membeli barang) saja yang bisa kasih feedback atau review?? Bayangkan berapa duit pembeli yang mereka tampung di KAS REKENING BANK mereka. 

Jika pun anda mau menarik uang karena tidak ada respon dari penjual selama 4x24 jam, anda butuh minimal 7 (tujuh) hari kerja sampai 30 (tiga puluh) hari kerja untuk di transfer kembali uangnya ke rekening bank anda. Itu juga kalau email anda langsung  dibaca oleh CS BUKALAPAK nya wkwkwk karena biasanya harus email > 2x dengan nama dan email yang sama baru akan direspon (kadang bisa nunggu 1-7 hari baru dijawab) Maklum, BUKALAPAK tidak menyediakan layanan telepon (takut diteror pembeli kali); jadi satu-satunya cara adalah menghubungi "MESIN PENJAWAB" mereka lewat email. Apalagi mereka tahu (setelah membaca email anda) jika anda menghendaki untuk menarik uang, mana mau mereka cepat-cepat; di dunia ini perusahaan mana sih yang mau cepat-cepat kasih keluar uang?).

Rugi sih tidak, tapi apa anda mau membungakan uang anda di REKENING orang lain? Apa anda sudah kebanyakan uang sehingga tidak tahu mau disimpan dimana? So, jika anda mau membeli barang, carilah TOKO ONLINE lain yang dikelola sendiri, seperti di Lazaxx, Zaloxx, Blibxx, Bhinexx, dsb. Meski ada merchant atau penjual lain yang juga bernaung di Toko mereka sebagai SUPPLIER (ini agak beda konsepnya dengan konsep menjual langsung seperti di BUKALAPAK), tapi itu sudah lewat proses seleksi yang sangat panjang, ketat dan berbelit-belit. Mereka tidak mau menerima supplier/penjual kere, abal-abal, takut rugi dan niat nipu. Sekali saja gagal memenuhi standar yang telah di tetapkan akan di kick dari keanggotaan supplier mereka. Juga tidak akan pernah ada istilah "salah jual" atau "menolak pesanan" akibat Harga barang/biaya kirim tidak sesuai. 


LOGO Toko GIBRAN CELL di BUKALAPAK
Salah satu toko/penjual/merchant yang sering menolak pesanan di BUKALAPAK adalah GIBRAN CELL. Mereka mengakui sendiri (saya ada bukti screen shoot percakapan di private message akun BUKAPAK) bahwa mereka jarang mengontrol barang jualan mereka yang ada di BUKALAPAK.COM (katanya sih terlalu banyak barang; mungkin terlalu sibuk juga). Jadi nanti baru ada pembeli yang telah menyetor uang (setelah dihubungi lewat email oleh mesin penjawab otomatis BUKALAPAK.COM), baru mereka proses. Itupun mereka lihat dulu KURS DOLLAR lagi naik apa turun. Kalau dollar lagi naik, mereka akan menolak pesanan dengan alasan Harga barang/biaya kirim tidak sesuai. Jadi istilahnya mereka ini penjual yang takut rugi. Takut rugi tapi mau ikut bersaing dengan para toko/penjual/merchant yang punya modal besar dengan memberikan harga termurah (di sort by rating harga termurah masuk 5 peringkat termurah). hahaha lucu memang. Kayaknya penjualnya masih bocah yang baru belajar berjualan. Tidak tahu etika dan resiko bisnis sewaktu kuliah dulu (apa mungkin kuliah jurusan sastra atau kedokteran???). 

Namanya toko kalian sudah pasang harga, dan pembeli sudah setor uang, masa mau dibatalkan sepihak hanya karena gara-gara dolar naik? Bedanya apa dengan menjilat ludah sendiri? Saya juga seorang penjual kali. Namanya sudah buka harga ya itu resiko. Dolar mau naik/rugi itu namanya KOMITMEN dan memang itulah salah satu resiko bisnis karena fluktuasi harga. Anda bisa dicap buruk kalau takut rugi. Kalau takut rugi makanya jangan berjualan di BUKALAPAK, buat website jualan sendiri biar duit pembeli bisa langsung masuk rekening anda. Disitu baru anda pasang opsi "tambah uang" (wong website sendiri, bebas dong mau buat aturan :P) anda karena harga barang kami sudah naik akibat pergerakan nilai dollar; jika tidak segera melakukan tambahan "top up" uang, maka dalam waktu 1x24 jam uang anda akan segera hangus wkwkwk.

Selain itu ada toko dbestcompushop. Saya sudah email 7x tidak digubris. Memang sangat banyak toko-toko brengsek di BUKALAPAK.COM. Sangat sulit untuk membedakan toko/penjual mana yang niat jual, dan mana yang hanya main-main. Benar-benar kecewa saya atas kinerja BUKALAPAK yang doyan menahan-nahan uang konsumen. Kalau setiap penjual menahan 4 hari dengan cara tidak menggubris pesanan, email mau di bungakan uang saya? Kalau tahu lama begini mending saya beli di TOKO FISIK saja. Nyesel banget dan kapok memang. Kalau 5 hari pasti dikirim lain cerita. Ini kalau saya pesan di toko kayak GIBRAN CELL lalu di diamkan 4 hari (batas maksimal respon barang), lalu toko lainnya kayak dbestcompushop 4 hari, lalu di toko lain lagi 4 hari, emang saya sudah tidak ada kerjaan lain apa harus bolak balik ngecek pesanan? 

Sekalian akan saya TUTUP AKUN saya di BUKALAPAK.COM apabila semua proses transaksi pengembalian uang sudah terselesaikan. Benar-benar saya sebagai konsumen muak dengan kinerja BUKALAPAK.COM. Entah proses pengembalian uang saya perlu waktu berapa lama lagi saya tidak tahu. Bayangkan, laporan ke CS BUKALAPAK paling cepat direspon setiap 24 jam sekali. hahaha. Pantas mereka ogah pasang nomor telepon hotline. Gapapa, ini sebagai pembelajaran untuk diri saya dan kepada pembaca kelak agar harus lebih berhati-hati dalam berbelanja secara online.

Sumber

Bagikan laporan ini

1 Jawaban

dijawab 3 Jan oleh Cuncun Saputra
laporkan aja ke kepolisian gan, siapa pun merasa dirugikan bisa melapokan ke kepolisian. Kepolisian akan menindaklanjuti berdasarkan laporan tentu dengan laporan yang benar serta bukti yang lengkap.

Inilah lemahnya pembelian model begini, uang dikirim tapi barang tidak sampai-2. Harusnya hari ini kita kirim dan konfirmasi dibalas menunggu 2x24 jam. Selain pasang iklan gratis di BL tentu ada keuntungan untuk BL. Semakin lama konfirmasi dari BL tentu akan merugikan BL sendiri.

Saya beli barang melalui web komersil ada alamat lengkap dan no yang bisa dihubungi, Hari ini saya konfirmasi transfer 2 hari kemudian barang saya terima sesuai yang saya pesan.
BL harusnya punya sense of after acton (kepekaan setelah kejadian)

Kasihan kepada pedagang yang berniat berjualan beneran, juga kasihan pembeli yang benar-benar sudah percaya beli barang online via BL.

Owner BL dan staffnya harusnya mempunyai tanggung jawab moril bila ada kejadian yang merugikan customernya. Karena BL adalah perantara (makelar) secara tidak aktif tetapi menguntung dengan sistem yang dibuat.

Bila BL dapat menguntungkan tetapi konsumen (customernya) mengalami kerugian maka sangat tidak profesional BL menjadi perntara JUAL-BELI ini,
Kalo mau besar menjadi berita laporkan aja kerugian (penipuan) yang dilakukan member ke kepolisian juga bisa ke pihak media televisi.

BL sudah benar melakukan tugasnya sebagai PERANTARA JUAL BELI di situsnya. Akan tetapi BL juga harus mengevaluasi kebijakannya agar kejadian yang dapat merugikan konsumen juga merugikan BL itu sendiri di mata masyarakat online yang sudah mempercayainya.

Ikuti saja peraturan sah jual beli di BL agar tidak terjadi hal-hal kerugian menimpa pelaku pedagang dan pembeli.

Masalah lamanya konfirmasi atau aturan sesuai prosedur itu artinya pembeli sudah mengetahui aturan mainnya.

Masalah SDM atau kebijakan BL yang kurang menguntungkan bagi konsumen tetapi menguntungkan bagi BL itu saya kira sah-sah saja, hanya saja BL harus meninjau ulang kebijakannya dalam membuat aturan yang mungkin masih lemah,.

Krtikan itu perlu tapi yang masuk akalah. Bagi yang tertipu mohon harap sabar, jika sampe batas waktu tidak ada kabar silahkan lah bertindak dalam hal ini yang bertanggung jawab adalah BLsebagai perantara JUAL-BELI ini, tetapi tidak berlaku apabila aturan main di BL tidak dilakukan. Karena kita ikuti aturan mainnya (di BL) maka dapat kita mintai pertanggung jawaban secara sah sebagai HAK KONSUMEN.

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 202 tayangan
0 tanggapan 140 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...