Sering Belanja Online Pakai Kartu Kredit?Amankan Kartu Anda Dengan 3D SECURE DYNAMIC PIN

webhosting
79 tayangan
dilaporkan 3 Jan dalam SHARING PENGALAMAN oleh pangkat

Cara melindungi kartu kredit agar tidak dibobol atau cara menjaga identitas kartu kredit agar tidak di hack.3D Secure Dynamic PIN adalah sebuah protokol keamanan yang dipasang pada kartu kredit. 3D Secure Dynamic PIN ditujukan untuk keamanan saat transaksi belanja online dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

3D Secure Dynamic PIN dikembangkan oleh Arcot System, Inc yang kemudian digandeng oleh VISA untuk meningkatkan sistem keamanan kartu kreditnya di bawah naungan brand Verified by Visa. Menyusul setelahnya adalah MasterCard dengan mengadopsi nama MasterCard SecureCode. Tak ingin ketinggalan pesaingnya, JCB juga turut mengadopsi sistem keamanan ini dan menamainya dengan J/secure, sementara American Express baru bergabung dengan jaringan 3D Secure pada November 2010 dan menamainya dengan American Express Safekey.

Penting Juga; 

Seperti yang telah disebutkan di awal, 3D Secure Dynamic PIN ini merupakan mekanisme keamanan tambahan yang lebih ditujukan untuk keamanan berbelanja online. Konsep dasar dari sistem ini adalah untuk menghubungkan proses otorisasi finansial dengan otentikasi online. Otentikasi dilakukan berdasarkan 3 domain (maka diberi nama 3D) di bawah ini:

Mockingjay Hirose
Domain pengakuisisi (pihak merchant dan bank dimana uang dibayarkan)
Domain bank penerbit kartu kredit
Domain interoperatibilitas (infrastruktur yang disediakan oleh skema kartu kredit, kartu debit, atau kartu lainnya, untuk mendukung protokol 3D Secure). Interoperatibilitas juga termasuk di dalamnya adalah internet, MPI, ACS dan penyedia software
Transaksi yang menggunakan Verified by VISA atau MasterCard Secure Code akan menginisiasi pengalihan ke situs bank penerbit kartu kredit, untuk meng-otorisasi transaksi. Setiap penerbit bank bisa menggunakan metode otentikasi apapun, tapi umumnya password atau PIN yang digunakan. Mudahnya, berbelanja online artinya Anda akan membutuhkan password atau PIN.

Penting juga;

Ketika bertransaksi online melalui kartu kredit, misalkan Anda menggunakan Verified by Visa, maka protokol ini akan merekomendasikan halaman verifikasi oleh bank penerbit kartu kredit. Bank kemudian akan mengirimkan password atau PIN melalui SMS kepada pemegang kartu kredit.

Dengan protokol 3D Secure Dynamic PIN ini, diharapkan tindak kejahatan dan penipuan kartu kredit dapat menurun jumlahnya. 3D Secure Dynamic PIN diklaim aman karena hanya bank penerbit dan pemegang kartu kredit yang mengetahui PIN/password. Sementara merchant sama sekali tidak mengetahui PIN/password ini.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 129 tayangan
0 tanggapan 249 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...