Lapor Pak,Saya Ditipu BATAM online shop Produk Elektronik

webhosting
520 tayangan
dilaporkan 5 Okt 2015 dalam Penipuan Toko Online oleh Dadan

Saya sebenarnya curiga waktu belanja handphone, entah kenapa tanpa saya teliti dulu saya langsung telfon k ybs.. Saya membeli hp di toko online "[BATAM online shop Produk Elektronik].. angrySaya tnsfr uang ke rekening 1820-01-000798-50-9 a.n Rian Maysano.. Dan stelah saya teliti trnyata almt pmlik rkning di Perm. Bukit Indah D. XII/5 Rt.05/06 Tangerang Ciputat. Ybs mengaku brg akn dkirim dr Jl. Sudirman-Ruko Mega Legenda Blok B2 No.29 Batam Center 29463. Ngakunya brg dkirim via JNE paket YES, shari xmpek.. Lalu ybs tlfon mnggunakan no hp 082364388859 katax brg diblokir sma bea cukai dan meminta saya tf lg sjumlah uang 2.950.000 sbg tnda jaminan dan akn dkmbalikan dlm 5 mnit.. Jelas2 ini menipu.. Saya blg pesanan saya btalkan dan saya mnta tlong agar uang dkmbalikan, namun orgnya marah2 dan uang saya tdk kembali.. Di rekening ybs pun uang sudah dtarik tunai.. Pdhal sbelumnya kecurigaan saya menurun krn ybs blg klo pngriman ini trprcaya dan amanah.. Kasus ini msih saya urus d kantor polisi, bank, dan pihak bea cukai.. Smoga penipu jera..

 

Mohon laporan saya diperhatikan pak.Terimakasih

2.950.000
Bagikan laporan ini

2 Tanggapan

dijawab 5 Okt 2015 oleh Badrun

Aduh brooooo...yang namanya kota batam itu sekarang jadi pusat dan surganya penipu....crying

Pokoknya kalau udah denger onlineshop yang ada mbl-embel kota batam,udah jangan diladenin.

dijawab 7 Okt 2015 oleh Fey Down MODERATOR

Bapak Yth,

Jangan sembarangan membeli barang yang ditawarkan di online shop Facebook, karena banyak sekali penipuan. Memang tak semua online shop menipu tapi akibat perbuatan si palsu, akhirnya yang asli kena imbasnya.

Tawaran si toko palsu memang sangat menggiurkan, foto-foto dipajang menantang padahal boleh dapat dari Google, selain itu harganya pun sangat murah agar orang tertarik membeli. Mereka tak menerima system COD (Cash on Delivery) tapi biasanya minta uang muka. Lalu dengan alasan barang sudah dikirim, calon korban diminta melunasi. Di sini bukan berarti tak mau COD pasti nipu, banyak koq toko online yang jujur. Hanya saja mereka sekarang jadi dicurigai karena ulah para penipu toko online.

Mereka  ini licik sekali. Jika pembeli melunasi atau ngotot minta barang tiba di tangan baru bayar sisanya, maka akhirnya sama saja, uang melayang dan semua kontak diputuskan oleh si toko palsu. Saat pembeli komplain , penipu alasan lagi bahwa uang akan dikembalikan asal kirim sedikit lagi utk mencairkan uang. Setelah itu diblok semua kontak oleh penipu.

Saran saya :

1. Jangan mudah percaya pada toko online di mana saja yang belum terjamin kredibilitasnya.

2. Jangan mudah tergiur barang mewah dengan harga murah, cek dulu foto-foto yang dipajang lewat  Google Image. Cek harga pasaran barang tersebut.

3. Biasakan “Googling” saat ada tawaran dari toko online, cek nama tokonya lalu bandingkan harganya dengan toko toko lain. Lebih baik hati-hati dan teliti daripada tertipu nanti.

4. Jika mereka memberikan alamat toko, cek juga di Google atau cari teman FB  yang tinggal di daerah tsb.

5. Jangan mudah percaya pada kesaksian2 yang ada di wall mereka karena ada kemungkinan team hore alias komplotan.

Mengapa penipu maya di Indonesia makin merajalela?

1. Korban biasanya tidak mau repot, hanya bisa pasrah dan merelakan apa yang terjadi. Apalagi jika mereka bekerja di luar negeri.

2. Tak ada tindakan tegas dari pemerintah Indonesia dalam pembelian SIM Card. Cukup beli di kaki lima dengan harga murah meriah. Daftar dengan KTP abal abal, setelah menipu, SIM card langsung dibuang, ganti lagi dan cari mangsa lagi.

3. Apalagi kalau ada yang mengaku toko elektronik di Batam, mereka itu belum tentu ada di Batam cuma ngaku ngaku. Di Google banyak sekali SITU (Surat Izin Tempat Usaha ) palsu alias abal abal yang mengaku toko elektronik di Batam. 

Seperti kata bang napi, kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Maka jangan beri kesempatan pada penipu dunia maya.

Salam Waspada,

Bunda Fey - Perth , Western Australia

6 October 2015

 

 

 

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...