penipuan lowongan kerja pt perusahaan gas negara

webhosting
377 tayangan
dilaporkan 12 Jan dalam Penipuan Lewat Email oleh Haydi Cynthia Sepaja
Saya mau melaporkan kejadian penipuan yang dialami om saya.
A.n. Johnny Pangimangen.

Om saya korban penipuan penerimaan lowongan kerja online lewat email. Dengan alamat email: [email protected]

Alamat tersebut mengaku sebagai HRD dari PT PGN Persero. Alamat tersebut mengirimkan surat untuk panggilan wawancara kerja di Jakarta. Dengan syarat harus melakukan reservasi akomodasi wawancara kerja dengan travel Nusatrip Travel dengan penanggung jawab bapak Wahyu Dwi Kristanto (085240843315). Selain melakukan reservasi saya juga harus melakukan sms konfirmasi untuk kehadiran, no hp ini mengaku sebagai HRD PT PGN (082344883275).

Om saya sudah mengkonfirmasi kehadiran wawancara kepada HRD PT PGN pada tanggal  11 januari 2016. Kemudian HRD PT PGN mengarahkan utk melakukan reservasi dengan nusatrip travel. Bapak Wahyu Dwi Kristanto mengarahkan untuk mengirim uang untuk biaya akomodasi sebesar 3 juta 325 ribu sebagai biaya transportasi tiket pesawat dari manado-jakarta dan biaya akomodasi hotel.
Om saya mengirimkan uang kemarin sore melalui atm bank mandiri manado ke no rekening BRI
a.n. Sri Mulyani
No rek: 093201033959532

Pihak travel berjanji akan mengirim kode tiket pesawat secepatnya. Setelah pengiriman uang di transfer, sampai siang ini no hp yang tertera diatas sulit dihubungi. Mengingat wawancara akan dilaksanakan besok pagi jam 08.30.


Minta tolong ditindak lanjuti,karena om saya merasa ditipu. Setiap om saya menguhubungi no om saya di reject. Saat om saya menghubungi melalui no hp lain diangkat tapi kemudian di reject ketika om saya menanyakan tentang uang akomodasi yg telah saya kirim.

Saya minta tolong karena kejadian ini baru., tanggal 11-12 januari 2016
Rp 3.325.000
dikomentari 13 Jan oleh Rendyrust
Benar itu penipu .. baru saja saya hampir ketipu mas . kali ini dengan kedok PT. Garuda Indonesia dengan modus rekrutment karyawan.
sekenarionya yaitu dengan si korban menerima alamat email
dari : [email protected]
yang lolos seleksi wawancara karyawan yang diadakan di jimbaran bali.
karena ane sendiri tinggal di jakarta untuk itu diharuskan reservasi tiket bali jakarta dengan alih surat yang tercantum.. (persis cerita narasumber PT. PGN diatas)

saran : jangan terburu-buru menanggapi undangan lamaran kerja ataupun interview kerja. periksa dulu latar belakang perusahaannya, kontak HRD, pokoknya sedetail mungkin validasi mengenai hal tersebut. sudah ada modus baru tentang rekruitment karyawan baru. (waspadalah .. waspadalah !)
dikomentari 13 Jan oleh Rendyrust
for infomation :

ini nomor telepon oknumnya :
085240843315 (wawan Prianto aka penanggung jawab reservasi tiket)
082344883275 (HRD PT. Garuda Indonesia)
dikomentari 13 Jan oleh Haydi Cynthia Sepaja
Iya benar sekali mas Rendy.

No hp oknum tersebut setiap dihubungi no saya pasti : "nomor yang anda hubungi sedang sibug..."
Oknum tersebut telah memblokir nomor hp saya.

Tapi saya mencoba meghubungi lagi dengan nomor hp sepupu saya,, ternyata tersambung dan diangkat. Sepupu saya berpura-pura menjadi salah satu calon peserta PT PGN Persero (Om saya dan sepupu saya berpura-pura untuk memastikan bahwa mereka penipu).
Mereka percaya dan mereka mengarahkan untuk melakukan reservasi dengan cara yang sama.

Tapi kali ini mereka memberikan no rek bank yang lain. Sepupu saya diarahkan untuk mentransfer ke rek bank mandiri.
Dengan no rek : 451-7095220888
atas nama : Wartini Agustina

Mereka mengarahkan untuk mentransfer uang sebesar Rp 3.250.000. Bahkan mereka memandu sepupu saya sampai di atm, agar segera mengirimkan uang yang sudah mereka minta.
Tapi cara mereka lebih agresif saat memandu sepupu saya dibandingkan om saya.

Ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.
Saya tidak keberatan apabila polisi menindak lanjuti kasus ini, om saya bersedia menjadi saksi dan bukti transfer uang masih saya simpan dengan baik.

Semoga penipu-penipu ini dapat ditangkap.
dikomentari 12 Feb oleh ryaneyor
Saya juga mengalami hal serupa pak. Tapi nomornya berbeda. HRD PT PGN 082322155555, pihak  Nusatrip Travel a/n Ryan Setiawan 085232547777. Jika dilihat dari lampiran balasan emailnya sangat meyakinkan & profesional. Modus seperti ini banyak bertebaran di situs2 lowongan. Semoga saja cepet ditangkap pelakunya!
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...