Lapor Pak,Teman Saya Ketipu Belanja Karpet Di Facebook,Penipu A/N Safia Nurma

webhosting
266 tayangan
dilaporkan 20 Okt 2015 dalam Penipuan Media Sosial oleh fauziyah

Laporan Titipan Dari Pembaca Blog Saya.

Isi laporannya sebagai berikut;

Saya mau melapor pak saya telah tertipu belanja online di facebook dia menjual barang aneka karpet awalnya dia menjual karpet dengan harga 400.000 dan niat saya hanya beli satu lalu setelah saya transfer uang saya ke rekening bri 020601110993505 atas nama safia nurma no tlp: 082236215909 

Setelah ditransfer dia bilang barangnya tidak bsa beli satu harus beli 2 lg dan anda akan dapat bonus 1 lagi karena bulan ini msh promo dan saya harus transfer 700.000 jdi total uang yng saya kirim 10100 setelah itu saya minta kejelasan barang saya kapan dikirim dia berdalih lagi minta 500.000 untuk biaya asuransi kehilangan di JNE krna brng saya ktanya udh ada di JNE nanti duitnya akn diganti.

Dari situ saya mulai curiga sampai sekarang barang saya belum dikirim dan banyak akun dia di facebook dengan modus menjual karpet murah mohon di tindak lajutin pak karna sudah banyak korban nya ..terima kasih

dikomentari 21 Okt 2015 oleh yaya yunita
Ya Allah mbak samaaaaa.mbak juga gitu kan beli karpet beli 3 gratis 1? aku juga kena tipu fb nya namanya pusat penjualan karpet grosir. ATM atas nama SUKARDI 0968-01-025770-53-1 Bank BRI.HP GAK BISA DITELP BIS DI SMS 085932987304
Bagikan laporan ini

1 Jawaban

dijawab 11 Nov 2015 oleh Anonymous User

Cara Memblokir Rekening Penipu Online

Jika Anda sering belanja online namun khawatir tertipu, tidak usah khawatir karena sebagai konsumen kita sekarang bisa meminta pihak Bank untuk memblokir rekening bank milik orang yang menipu kita tersebut.

Seperti dikutip dari Kompas.com bahwa korban penipuan melalui transfer bank sekarang bisa meminta bank untuk memblokir rekening pelaku.

Dan untuk selanjutnya pihak bank akan mengembalikan dana korban jika pelaku terbukti menipu atau kemudian tidak datang dan memberikan keterangan kepada bank.

Dan peraturan mengenai blokir rekening penipu ini sudah berlaku sejak tahun 2009 dan merupakan upaya pemerintah untuk melindungi nasabah perbankan dari tindak penipuan. Dengan aturan perbankan ini, maka nasabah yang merasa tertipu dengan mengirim dana melalui transfer, bisa langsung meminta pada bank yang digunakan pelaku penipuan untuk diblokir.

Bank akan segera menghentikan sementara rekening pelaku sambil meminta surat laporan dari kepolisian sambil melakukan verifikasi atas laporan korban. Setelah bank melakukan identifikasi pada pemilik rekening pelaku dan ternyata setelah beberapa kali panggilan pelaku tidak hadir maka, bank bisa memutuskan untuk mengembalikan dana korban.

Kemudian, bagaimana cara blokir rekening penipu online?

  • Segera siapkan bukti transaksi, bukti salinan email atau sms atau blackberry messege.
  • Jangan lupa siapkan data pihak yang sudah menipu Anda, seperti nomor rekening dan nama pemilik rekening, juga nomor handphone/telepon, dan email / website.
  • Jangan lupa siapkan juga bukti transfer bank, sms banking, atau internet banking.
  • Buat kronologi kejadian diatas materai sebagai pelengkap laporan memblokir rekening penipu.
  • Buat laporan penipuan ke kantor polisi terdekat dan minta surat pelaporan tadi untuk pelengkap laporan ke pihak bank.
  • Laporkan ke kantor cabang bank yang bersangkutan, misalkan ke kantor cabang BCA atau Mandiri atau BNI atau BRI terdekat, tergantung bank pemilik rekening penipu tersebut. Sampaikan bahwa Anda telah di tipu oleh orang yang mempunyai nomor rekening yang telah anda kirimi uang. Sertakan bukti transfer beserta Surat Laporan Polisi (jangan lupa di foto copy) dan bank akan menampung laporan anda. Usahakan mendatangi Cabang Besar Bank karena akan cepat untuk di tindaklanjuti.
  • Ajukan permohonan pemblokiran secara resmi sesuai aturan bank tersebut. Biasanya akan ada form yang disediakan oleh pihak bank.
  • Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses pemblokiran oleh pihak Bank, jangan lupa tinggalkan alamat dan nomor telepon Anda agar mudah dihubungi oleh pihak Bank.

Dari laporan Anda untuk memblokir rekening tersebut, bank akan melakukan investigasi dan segera memblokir rekening tersebut. Rekening yang terblokir hanya bisa di buka oleh yang punya rekening, sehingga jika si penipu akan membuka blokir maka investigasi mendalam akan di lakukan oleh bank dan tidak menutup kemungkinan akan melibatkan kepolisian. 

Semoga artikel Cara Memblokir Rekening Penipu Online ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

1 tanggapan 202 tayangan
0 tanggapan 91 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...