Penipuan berkedok rekruitment via Linkedin

webhosting
18 tayangan
diinformasikan 21 Okt dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh Rukma Aditia Dharma
Saya melaporkan bahwa saat ini tengah  terjadi penipuan dengan modus rekruitmen via medsos www.linkedin.com.

Yang saya alami adalah, beberapa hari sebelumnya  ada lowongan pekerjaan secara online yang seolah-olah dari Pertamina dan Shell dimana saya melakukan pendaftaran via situs Linkedin diatas. Kemudian, hari Jumat 20 Oktober 2017 saya mendapat SMS yang seolah-olah dari kedua institusi diatas utk cek email saya (yang saya regristasi disini juga).

Di email tersebut disebutkan tanggal interview/test, okasi di Denpasar sehingga butuh akomodasi hotel dan pesawat. Nah utk pengurusan hal itu ditunjuklah travel agen Buana dg contact person Arif Mulyawan 0812 777 6906 (shell) dan traveloka dg contact person Darwinto Nasution 0853 777 9056 (Pertamina). Saya baru follow up yang Shell (Arif Mulyawan) dimana dia memaksa untuk segera di transfer uang sekitar 3.9 juta yang nanti akan diganti selesai interview di Shell Denpasar. Saya tidak mengalami kerugian apapun karena memang tidak sampai transfer, karena saya curiga dg model rekruitmen yg sangat aneh ini. Setelah kejadian itu beberapa saat kemudian di linked in ada share dari beberapa kawan yg mendapat surat panggilan serupa dari perusahaan2 yg berbeda tapi dg nama HRD yg sama dan bentuk surat yg sama persis. Buat org2 yg blm pengalaman dg interview kemungkinan besar akan berpotensi terjebak karena travel fiktif itu terdengar cukup meyakinkan dan ngepush bgt agar buruan di transfer agar mereka bisa urus akomodasinya supaya tdk terkena diakualifikasi.

Mohon di follow up agar tidak ada yg sampai kena modus jahat ini
Potensi kerugian 3.9 juta (saya tdk melakukan transfer)
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 71 tayangan
0 tanggapan 43 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...