Awas, Beginilah Modus Penipuan Berkedok Beasiswa

webhosting
59 tayangan
dilaporkan 26 Okt 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Anonymous User
diedit 1 Nov 2015 oleh ADMINISTRATOR

Warga perlu berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan. Ada-ada saja cara yang ditempuh penipu untuk mengeruk keuntungan. Kali ini, modus baru penipuan beredar di Kotawaringin Lama, Kalimantan Tengah, yaitu dengan berkedok pemberian beasiswa. Pihak yang disasar adalah orangtua siswa berprestasi.

Dedi Setiadi, warga RT 5 Kelurahan Kotawaringin Hilir (Kohil), Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), mengaku nyaris tertipu. Ia adalah orang tua siswa SMAN 1 Kolam Siti Maisarah.

Dedi ditelepon oleh seseorang yang mengatasnamakan Haris, Wakil Kepala SMAN 1 Kolam Bidang Kesiswaan. Penelepon menyebutkan bahwa putri Dedi yang bernama Siti Maisarah siswi kelas X-1 mendapat beasiswa berprestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk lebih jelasnya, Dedi diminta langsung menghubungi kepala sekolah setempat di nomor 085145834222. Setelah nomor tersebut dihubungi Dedi, orang yang di seberang telepon mengaku sebagai Kepala SMAN 1 Kolam, Gusti Suriansyah.

Dia membenarkan bahwa Siti sebagai ranking pertama di kelasnya dan berhak mendapat beasiswa berprestasi dalam bidang akademik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp 7,5 juta.

Namun Dedi curiga karena orang tersebut meminta nomor rekening tabungan dan selalu berbahasa Indonesia. ”Pak Gusti Suriansyah itu orang Kotawaringin Lama asli yang sudah barang tentu saya kenal sekali logat bicaranya,” cerita Dedi.

Merasa ada yang aneh, selanjutnya Dedi mengulur-ulur waktu dan langsung mengecek ke SMAN 1 Kolam.  Didapatinya Harris selaku wakil Kepala SMAN 1 Kolam tidak pernah menghubunginya dan nomor telepon genggam yang tercatat di ponsel Dedi bukanlah miliknya.

Demikian pula nomor telepon orang yang mengaku kepala sekolah. Setelah dicek, ternyata juga bukan nomor milik Gusti Suriansyah. Untunglah, Dedi tidak sampai tertipu.

Sumber : www.jawapos.com/read/2015/08/30/2201/awas-beginilah-modus-penipuan-berkedok-beasiswa

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...