Kenali 10 Ciri-Ciri Modus Penpuan Didunia Maya

webhosting
210 tayangan
dilaporkan 29 Okt 2015 dalam Dari Administrator oleh ADMINISTRATOR Admin

Sampai kapanpun selama dunia ini masih ada,dan manusia masih membutuhkan sandang,pangan dan papan,maka beragam cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup tersebut.Tak terkecuali dengan jalan menipu orang lain lewat berbagai media canggih seperti media sms,website,situs jejaring social hingga layanan BBM.

Berikut ini adalah sedikit tips cara mengenali berbagai modus penipuan didunia maya yang kami kutip dari berbagai sumber;

1. Mengirimkan promosi lewat sms.
Trik ini paling banyak dilakukan kawanan penipu. Mereka secara acak mengirimkan sms yang berisi tawaran produk-produk berharga super murah. Apalagi jika bukan produk ponsel, blackberry, kamera, elektronik, laptop, dsb..dsb. Harapan mereka, dari 1.000 sms yang terkirim mungkin ada 100 orang bodoh yang bisa ditipu. Kenyataannya memang banyak orang bodoh. Bahkan penipu tak ragu mencantumkan alamat website yang jelas-jelas penipuan. Terutama yang memakai akhiran: blogcepot (baca: blogspot) seperti:www.citraponcel.blogcepot.com, kameramurah.blogcepot.com, ts-cellular.blogcepot.com, dsb. Beberapa contohnya bisa Anda simak DI SINI.


2. Nomor pengirim tidak sama dengan nomor yang tercantum di sms.
Secara etika bisnis, mengirimkan sms berisi tawaran produk tanpa persetujuan orang sudah termasuk spamming, apalagi jika tawaran tersebut penipuan? Tidak ada orang yang akan menaruh respek terhadap penjual-penjual model begini, apalagi sampai tertipu dan mentransfer uang. Anda sangat bodoh jika sampai tertipu. Cuekin saja semua sms yang tidak berasal dari nomor yang sama. Itu ada program pengirim sms massal yang dimanfaatkan (sms gateway server). Jadi jika kita balas sms tersebut tidaklah memungkinkan dan kalau kita komplain ke nomor yang tercantum dalam sms, si pemilik nomor bisa mengelak bahwa bukan mereka yang mengirimkan sms tersebut. Jadi benar-benar tidak beretika bukan?


3. Barang murah – harga diskon.
Ciri-ciri paling menyolok penipuan toko online adalah menawarkan barang dengan harga super diskon. Kamera Rp 7 juga bisa dijual Rp 5 juta, blackberry Rp 5 juta bisa dijual Rp 3,5 juta, iPad Rp 7 juta bisa dijual Rp 5,5 juta, dsb. Dengan melihat harga murah tersebut diharapkan korban akan tergiur, ileran dan percaya. Coba tanyain dulu apakah engkong mereka yang punya saham di pabrik atau bukan? Atau coba tanya apakah Steve Jobs itu paman mereka bukan? Kalau bukan, mana mungkin ada barang dijual dengan harga segitu murah? Gampang kan?


4. Menggunakan blog, forum, facebook, iklan gratisan.
Namanya penipu yang tidak punya uang. Ya jelas yang digunakan adalah semua yang gratis. Bikin yang gratis juga gampang kok. Email gratis, iklan baris gratis, forum Kaskus gratis, iklan tokobagus gratis, blogcepot gratis, wordperes gratis, dsb… Anda pun bisa membuatnya. Pokoknya kalau website mereka gratis tanpa ada domain milik sendiri sudah pasti 1.000% penipuan. Yang punya domain pribadi saja banyak yang nipu apalagi yang gratisan? Punya toko masa beli domain yang Rp 100.000 per tahun saja tidak mampu? Bagaimana bisa bermodal beli barang untuk dijual?


5. Tidak menerima cash on delivery (COD).
Ciri-ciri paten berikutnya tentang toko online penipuan adalah tidak adanya fasilitas COD (Cash on Delivery). Maksud COD adalah: barang diantar bayar di tempat alias ada barang ada uang. Nah, kawanan penipu paling anti COD. Sebab mereka tidak ada barang karena tujuannya menipu. Jadi mereka tidak akan pernah melayani COD dengan berbagai alasan bla..bla…bla… seperti: “COD hanya dengan pembelian di atas Rp 15 juta.” Preettt…. Mereka pikir Anda tidak akan mungkin beli ponsel sebanyak Rp 15 juta, makanya ditakut-takuti dengan teknik seperti itu.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 106 tayangan
0 tanggapan 94 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...