Pertanyaan Yang Sering Diajukan

webhosting
Dibawah ini adalah sejumlah pertanyaan yang sering diajukan sebagai informasi penting yang wajib diketahui oleh pelapor maupun pengunjung.Klik setiap item pertanyaan untuk membuka rincian penjelasan secara rinci.
  • Siapa laporpolisi.com?
  • Laporpolisi.com adalah situs berbagi pengalaman atas tindak kejahatan online yang dikemas berbasis media social yang menampung semua laporan pengalaman penipuan maupun kejahatan lainnya yang Anda alami khususnya kejahatan dunia maya.

    Melindungi dan membantu menghindarkan masyarakat agar terhindar dari penipuan dan kejahatan lainnya bukan hanya merupakan tugas dan kewajiban kepolisian republik indonesia saja,akan tetapi sudah menjadi tanggungjawab setiap warga negara indonesia tanpa melihat jabatan,kedudukan serta profesi.

    Oleh karena itulah,situs laporpolisi.com hadir sebagai media independen untuk menampung berbagai informasi modus kejahatan didunia nyata maupun didunia maya,informasi yang kami kumpulkan akan sangat berguna bagi masyarakat agar terhindar dari kasus serupa dan dengan modus serupa,dan agar pelaku kejahatan semakin sempit ruang geraknya.

    Dan kamipun berharap,setiap informasi kasus kejahatan yang tersaji disitus ini bisa menjadi data penunjang bagi pihak penegak hukum di indonesia agar bertindak lebih cepat serta mengantisipasi kejahatan serupa.

  • Kok Nama Situsnya Laporpolisi.com?Katanya Bukan Milik POLRI
  • Penamaan laporpolisi.com hanyalah branding semata serta mempermudah agar situs ini gampang diakses oleh siapa saja.Ketika seseorang yang baru saja mengalami kejadian/penipuan/kejahatan,pasti seseorang itu mencari cara bagaimana cara berbagi informasi modus kejahatan yang baru saja dialami dengan tujuan agar tidak ada lagi korban.

    Dan dijaman digital ini,pasti orang tersebut mencari informasinya diinternet terlebih dahulu dengan kira-kira mengetikkan kata kunci ''lapor polisi online,lapor polisi,cara lapor polisi,,,situs lapor polisi dan berbagaimacam frase kata kunci lainnya.

    Meskipun kami bukanlah pihak yang berwenang atau dilimpahkan wewenang untuk menyelidiki,mengusut,menangkap,mengintrogasi,serta memenjarakan pelaku kejahatan.Karena kami hanyalah sebatas penampung dan pemberi informasi ragam kasus kejahatan yang sangat berguna untuk mengedukasi masyarakat.

    Jadi,selama tidak ada larangan untuk menggunakan nama domain berembel-embel ''polisi'' maka penamaan domain tersebut sah-sah saja.

  • Apa Yang Memotivasi Laporpolisi.com Lahir?
  • Teknologi informasi [internet]semakin maju,pola interaksi social dan bisnis manusia sudah bergeser pada dunia digital.Maka muncullah celah kejahatan yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum peraih keuntungan semata dengan menipu orang lain lewat pertemanan online dimedia social,penipuan dengan modus arisan online,penggalangan amal online,mlm online,investasi online,dan transaksi online [Jual beli online,sms penipuan,BBM penipuan,email spam dan lain sebagainya.

    Kian hari korban semakin banyak,meskipun pihak kepolisian republik indonesia sangat serius untuk memburu serta menangkap pelaku kejahatan didunia maya tersebut,namun pelaku kejahatan semakin menjamur dengan modus baru yang lebih rapi dan terorganisir.

    Tindak kejahatan online [cyber cryme] akan terus terjadi kalau masyarakatnya tidak diedukasi dengan benar.Untuk itulah laporpolisi.com hadir untuk mengedukasi masyarakat akan berbagai tindak kejahatan agar tidak terjadi lagi korban berikutnya dengan modus serupa.Karena informasi yang tersaji disitus ini berasal dari korban penipuan dan kejahatan lainnya.

    Ingat,kejahatan didunia maya terjadi bukan karena kecerdasan penipu,akan tetapi kurangnya wawasan kita tentang modus-modus penipuan didunia maya,sehingga kita menjadi korban.Untuk itulah kami hadir menyajikan informasi untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya kejahatan online.

  • Lantas Bagaimana Cara Kami Melapor/ Berbagi Pengalaman Di Laporpolisi.com,Jika Kami Telah Ditipu Secara Online?
  • Caranya sangat mudah.Anda sebagai penggunacukup melakukan pendaftaran [membuat akun]terlebih dahulu dilaporpolisi.com

    Setelah itu,silahkan konfirmasi email yang kami kirim keemail yang anda gunakan untuk mendaftar dengan mengklik link konfirmasi yang telah kami kirim.

    Setelah terkonfirmasi,silahkan Klik tombol AJUKAN LAPORAN yang tersedia dimenu atas situs laporpolisi.com.Isi judul laporan,pilih kategori laporan[isikan Penipuan toko online biala anda baru saja ditipu oleh toko online]1.Upload bukti transaksi [contoh;bukti transfer,screenshoot sms,percakapan telpon,video dll] 2.Waktu kejadian;Tanggal/Jam 3.Cerita,Kronologi dan alur /modus penipuan yang Anda alami,kemudian isi total kerugian yang anda derita,baik berupa uang maupun barang.Dan terakhir klik BUAT LAPORAN.

  • Selain Penipuan Online,Apakah Kami Bisa Melaporkan Kasus Lainnya?Seperti Kasus Pencurian/Kekerasan Mislanya?
  • Ya,selain menampung laporan kasus penipuan online,laporpolisi.com juga menampung setiap laporan atau pengalaman kejahatan apapun yang pernah anda atau rekan anda alami.Entah itu kejahatan seksual,narkoba,pencurian,perampokan maupun kasus kehilangan [Orang hilang maupun kehilangan benda berharga seperti dompet,KTP,BPKB dsb].

    Dan kami menghimbau untuk para korban agar melapor di kantor kepolisian terdekat,situs ini hanya sebagai wadah informasi saja,dan kami tidak punya wewenang untuk memproses setiap laporan yang masuk.

  • Apakah Saya Bisa Mengedit Atau Meghapus Laporan Saya?
  • Situs laporpolisi.com dibangun dengan sistem basis user/pengguna,artinya user yang menginput data.Anda bisa dengan leluasa mengedit,memodifikasi,merubah,menambahkan atau menghapus laporan /cerita pengalaman Anda kapan saja anda mau.

  • Apakah Saya Bisa Menulis Laporan/Pengalaman Secara Anonim?
  • Untuk mencegah pencemaran nama baik orang lain,institusi,toko online,nomor telpon ,id BBM dan alamat email AGAR TIDAK DISALAHGUNAKAN oleh kompetitor.Maka kami sangat mensarankan agar anda melapor/menulis atas nama anda sendiri,identitas asli anda sendiri.Hal demikian agar Anda bisa mempertanggungjawabkan kebenaran informasi yang Anda berikan.

    Jangan sekali-kali Anda membuat informasi/laporan fiktif dengan tujuan menjatuhkan nama baik orang lain,,institusi,toko online,nomor telpon ,id BBM dan alamat email yang menjadi saingan anda,karena hal itu melanggar hukun dan ada undang-undangnya.

    Harap berhati-hati saat menulis laporan/pengalaman dengan mencatut nama serta identitas orang lain,pastikan terlebih dahulu kebenarannya.Karena kami tidak bertanggungjawab atas dampak yang timbul dari kesalahan informasi yang anda tulis.

  • Apakah Saya Bisa Memberikan Tanggapan/Jawaban/Sanggahan Kepada Laporan Dari Pelapor Lain?
  • Sangat BISA.Tetapi sebelumnya anda harus menjadi anggota terlebih dahulu,setelah itu anda dapat menanggapi,mengomentari,menjawab atau memberikan sanggahan pada laman laporan pengguna lain.

    Jika Anda menjadi objek laporan yang sedang dibicarakan pelapor,anda bisa melakukan sanggahan atau bantahan atas laporan tersebut melalui kotak komentar yang tersedia.

  • Apakah Data Saya Aman?
  • Alamat email,nama pengguna dan data lainnya kami simpan secara aman tanpa kami jual kepada pihak ketiga.Anda bisa dengan leluasa menghapus akun anda di laporpolisi.com kapan saja anda mau.Dan Anda juga bisa menghapus laporan anda kapan saja.

  • Darimana Laporpolisi.com Mendapatkan Keuntungan?
  • Kami adalah situs nirlaba yang tidak berorientasi kepada profit.Namun kami membuka lebar2 pintu donasi bagi siapa saja yang memperhatikan kami agar kami tetap hidup.Dibantu ataupun tidak,kami akan tetap hidup dan terus menampung setiap laporan yang anda berikan agar semakin banyak manfaat yang diperoleh masyarakat agar terhindar dari aksi kejahatan serupa.

  • Kalau saya ingin menyumbang menjadi donatur,apakah boleh dan apa syarat-syaratnya?
  • Sekali lagi;kami membuka lebar2 pintu donasi bagi siapa saja yang memperhatikan kami agar kami tetap hidup.

    Dan tidak ada syarat khusus untuk menjadi donatur laporpolisi.com

    Jika anda ingin menjadi donatur,silahkan kunjungi halaman donasi DISINI http://laporpolisi.com/bantu-kami
  • Apa Makna dari logo laporpolisi.com?
  • Tentang logo laporpolisi.com-Logo laporpolisi.com bukanlah karya desain kami,tetapi logo tersebut kami temukan diinternet kemudian sedikit kami modifikasi.Sedangkan pemilik gambar/logo tersebut kami tidak tahu,namun jika anda adalah pemilik logo/gambar tersebut,silahkan hubungi kami dihalaman feedback dan kami akan menghapusnya jika diminta.

    Sedangkan mengenai makna logo laporpolisi.com dapat diartikan sebagai berikut; Topi kepolisisn Republik Indonesia adalah melambangkan kebesaran dan kedigdayaan Lembaga polri itu sendiri,oleh karena itu kami sangat bangga,menghormati serta menjunjung tinggi lembaga penegak hukum tersebut.

    Sedangkan mengenai foto seorang personel polisi yg setengah badan tersebut merupakan tanda bahwa cara kerja laporpolisi.com yang secara maya yang jarang diketahui publik.

  • Apa manfaat yang diperoleh oleh pengguna dan masyarakat umum dari layanan ini ?
  • Selain memiliki tujuan utama menekan angka kejahatan penipuan online, layanan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih bertanggung jawab dan bijaksana dalam menyikapi trend bisnis online yang dewasa ini semakin berkembang.
  • Siapa saja yang berkepentingan menggunakan layanan situs ini ?
  • 1. Korban penipuan belanja / perdagangan online. Mereka dapat melapor pada layanan ini agar ulah pelaku penipuan tersebut tidak menimbulkan korban pada masyarakat lainnya serta memberikan efek jera bagi para pelakunya.

    2. Masyarakat umum pemilik usaha belanja / perdagangan online maupun masyarakat umum yang akan melakukan transaksi pembayaran apapun secara online. Sebelum melakukan transaksi, ada baiknya masyarakat memeriksa rekening bank tujuan transfer mereka pada layanan ini. Bertujuan meminimalkan resiko menjadi korban penipuan online.

    3. Perusahaan Perbankan Nasional maupun POLRI. Kedua jenis lembaga tersebut dapat mengawasi serta menindaklanjuti setiap data masuk yang di indikasikan sebagai milik para pelaku penipuan transaksi online.

    Diharapkan peran aktif perusahaan perbankan dalam mendukung upaya menekan angka penipuan online dapat terealisasi dengan baik. Setiap data yang ada dalam layanan ini juga dapat digunakan oleh lembaga penyidik POLRI sebagai informasi awal upaya pengungkapan kasus-kasus penipuan online di Indonesia, sehingga penurunan angka kejahatan jenis ini dapat makin ditekan setiap tahunnya.

  • Penipuan seperti apa yang dapat dilaporkan ke layanan ini ?
  • Definisi penipuan yang kami tetapkan adalah :

    1. Penipuan Terencana :

    Misal; Anda memesan dan membayar tunai sebuah produk ke suatu situs belanja online, namun hingga waktu yang ditetapkan barang pesanan tidak pernah sampai ke alamat Anda.

    Sebelum melapor ke layanan ini pastikan Anda telah melakukan hal berikut :

    - Konfirmasikan keluhan Anda kepada penjual dan mintalah bukti pengiriman beserta nomor resi pengirimannya.

    - Jika penjual merespon dengan baik keluhan Anda, berdasarkan nomor resi pengiriman tersebut cobalah meminta konfirmasi ke layanan ekspedisi yang ditunjuk. Tanyakan juga pada orang terdekat Anda dirumah, apakah mereka pernah menerima paket tersebut.

    Jika upaya diatas telah Anda lakukan namun penjual cenderung menghindar dan beritikad tidak baik, Anda dapat melaporkan ke layanan ini.

    2. Penipuan Terselubung (samar) :

    Misal; Anda memesan dan telah membayar tunai sebuah produk kamera digital jenis DSLR seharga 5 juta rupiah, namun oleh penjual dikirim sebuah kamera digital jenis Pocket seharga 1 juta rupiah.

    Sebelum melapor ke layanan kami, pastikan Anda telah melakukan upaya berikut :

    - Saat pesanan tiba, foto kemasan paket tersebut dalam kondisi masih tersegel oleh ekspedisi termasuk pada bagian alamat penerima dan pengirimnya. Buka kemasan paket dan foto isi paket tersebut.

    - Konfirmasikan kejadian yang Anda alami tersebut ke penjual dan diskusikan solusi atas masalah tersebut. Mintalah kepada penjual slip bukti pengiriman ke ekspedisi. Cocokan data dalam slip tersebut dengan alamat yang tercantum pada paket yang Anda terima.

    Jika penjual tidak merespon keluhan Anda, Anda dapat melapor pada layanan ini. Sertakan foto tersebut termasuk screenshoot bukti transfer maupun chat percakapan Anda dengan penjual.


    Jika ada penjelasan yang tidak anda jumpai pada uraian diatas,silahkan anda menggunakanfeedback form.
    Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
    ...